Indonesia | English | Arabic
Senin, 10 Desember 2018
Anda di : Home >> Berita >> Sosialisasi BPJS ( Badan Penyelenggara Jaminan Sosial)

Berita

Sosialisasi BPJS ( Badan Penyelenggara Jaminan Sosial)
» Kamis, 06 Desember 2018| 09:46 | Dibaca: 1305 kali | Kategori : Berita STIKES

Sosialisasi BPJS ( Badan Penyelenggara Jaminan Sosial)

Sosialisasi BPJS ( Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) adalah salah satu program kerja (proker) dari kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa Stikes Muhammadiyah Bojonegoro yang dilaksanakan di Desa Jatiblimbing Kecamatan Dander. BPJS  Kesehatan sendiri merupakan badan hukum publik yang dibentuk oleh pemerintah untuk mewujudkan terlaksananya program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang ditujukan bagi seluruh masyarakat di Indonesia. Berdirinya BPJS Kesehatan berdasarkan Undang-Undang No. 24 Tahun 2011 tentang BPJS Pasal 14 yang menyatakan bahwa setiap orang, termasuk orang asing yang bekerja paling singkat 6 bulan di Indonesia, wajib menjadi peserta program Jaminan Sosial.

Dalam paya meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai BPJS kesehatan, mahasiswa Stikes Muhammadiyah Bojonegoro bekerjasama dengan BPJS Kesehatan Bojonegoro Melakukan sosialisasi kepada masyarakat Desa Jatiblimbing yang terdiridari Kader desa, perangkat desa, ketua RT se- Desa Jatiblimbing.

Tujuan kegiatan ini adalah memberikan wawasan kepada masyarakat tentang BPJS kesehatan, manfaat BPJS Kesehatan, meningkatkan pemahaman terkait mekanisme pelayanan kesehatan baik di Fasilitas Kesehatan Tingkat pertama (FKTP) dan di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL).

Pada kesempatan ini BPJS Kesehatan juga memperkenalkan aplikasi Mobile JKN. Aplikasi ini sangat mempermudah masyarakat baik yang sudah menjadi peserta JKN-KIS maupun yang belum terdaftar. Dalam aplikasi Mobile JKN terdapat berbagai macam kemudahan yaitu kemudahan membayar dan mengubah data peserta, kemudahan mengetahui informasi data peserta dan keluarga, kemudahan mengetahui informasi tagihan dan pembayaran iuran, kemudahan mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan, dan kemudahan menyampaikan pengaduan dan permintaan informasi seputar JKN-KIS. 
Pengguna Mobile JKN juga dapat mengecek lokasi jaringan fasilitas kesehatan baik tingkat pertama maupun lanjutan serta lokasi kantor BPJS Kesehatan yang berbasis GPS. Masyarakat yang akan mendaftarkan diri dan anggota keluarganya juga tidak perlu repot lagi untuk ke kantor BPJS Kesehatan, cukup men-download aplikasi ini sudah bisa melakukan pendaftaran Program JKN-KIS.


Comment:


Add New Comment:


Nama: *

Email / HP:

Komentar: *

characters left


Enter code *