Indonesia | English | Arabic
Senin, 10 Desember 2018
Anda di : Home >> Berita >> PROGRAM Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK)

Berita

PROGRAM Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK)
» Senin, 03 Desember 2018| 15:41 | Dibaca: 1987 kali | Kategori : Berita STIKES

PROGRAM Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK)

PROGRAM Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) merupakan salah satu program kerja (proker) dari mahasiswa KKN Stikes Maboro. Program ini menggabungkan upaya kesehatan perorangan dan upaya kesehatan masyarakat tingkat pertama secara berkesinambungan dengan didasarkan kepada data dan informasi dari profil kesehatan keluarga..

Pendekatan keluarga yang dilakukan adalah melalui kegiatan kunjungan rumah secara menyeluruh. Dengan kunjungan rumah dapat diperoleh data profil kesehatan keluarga yang digunakan untuk mengenali secara lebih menyeluruh masalah-masalah kesehatan di keluarga. Selain itu, kegiatan promotif dan preventif terhadap keluarga juga dapat terlaksana dengan kunjungan rumah.

Program PIS-PK menetapkan 12 indikator utama sebagai penanda status kesehatan sebuah keluarga. indikator keluarga sehat tersebut, yaitu: (1) keluarga mengikuti program Keluarga Berencana (KB); (2) Ibu melakukan persalinan di fasilitas kesehatan; (3) Bayi mendapat imunisasi dasar lengkap; (4) Bayi mendapat Air Susu Ibu (ASI) eksklusif; (5) Balita mendapatkan pemantauan pertumbuhan; (6) Penderita tuberculosis paru mendapatkan pengobatan sesuai standar; (7) Penderita hipertensi melakukan pengobatan secara teratur; (8) Penderita gangguan jiwa mendapatkan pengobatan dan tidak diterlantarkan; (9) Anggota keluarga tidak ada yang merokok; (10) Keluarga sudah menjadi anggota Jaminan Kesehatan Nasional (JKN); (11) Keluarga mempunyai akses sarana air bersih, dan; (12) Keluarga menggunakan jamban sehat.

Pelaksanaan program ini dilaksanakan di desa Jatiblimbing pada hari sabtu 24 November 2018 dengan dibantu oleh pihak puskesmas dander dan kader dari desa jatiblimbing. Adapun jumlah RT di desa jatiblimbing sebanyakak 20 RT dan jumlah KK sekitar 1500 KK. Pelaksanaan pis pk dilakukan secara berkelompok. Dari 32 mahasiswa KKN di bagi menjadi 10 kelompok, untuk 1 kelompok mendata 2 rt, dan untuk satu kelompok terdiri dari 3 sampai 4 mahasiswa

 


Comment:


Add New Comment:


Nama: *

Email / HP:

Komentar: *

characters left


Enter code *