Indonesia | English | Arabic
Senin, 22 Januari 2018
Anda di : Home >> Berita >> PELAYANAN HOMECARE PADA LANSIA

Berita

PELAYANAN HOMECARE PADA LANSIA
» Rabu, 13 Desember 2017| 13:09 | Dibaca: 885 kali | Kategori : Kesehatan

PELAYANAN HOMECARE PADA LANSIA


Untuk mewujudkan Tri Darma Perguruan Tinggi yang Ke-3. Stikes Muhammadiyah Bojonegoro bekerjasama dengan BMT Amanah dan KSPPS AKAS tentang program pengembangan sumber daya manusia dan pemberdayaan masyarakat melalui pelayanan homecare pada lansia. Program ini dilaksanakan di Kelurahan Ledok Kulon Kecamatan Bojonegoro. Dari 12 lansia yang  direkomendasikan oleh tokoh masyarakat setempat kami mengambil 3 lansia yang masuk kriteria yaitu aspek ekonomi yang sangat terbatas dan aspek kesehatan yang harus dilayani secara serius.

Program ini lebih berfokus pada kesehatan pasien tetapi kami juga mengajarkan tentang spirual, bagaimana orang tua lanjut usia dapat mendakati Rabbnya. Mahasiswa Stikes Muhammadiyah Bojonegoro juga terlibat dalam program ini yaitu untuk mendampingi dalam pembuatan administrasi kesehatan seperti pembuatan kartu Jaminan Kesehatan Daerah (JAMKESDA).

Kegiatan pertama yang kami lakukan adalah perkenalan mulai dari nama, keluarga, riwayat penyakit dll, kedua adalah observasi lingkungan, ketiga cek kesehatannya. Penanganan kami  berbeda kepada setiap pasien tinggal melihat seberapa parah penyakitnya dan kondisi ekonominya. Perawat kami mulai hari kerja Senin sampai Kamis untuk memandikan dan mengecek kesehatan pasien.

Tim kami ada beberapa orang mulai dari perawat, mahasiswa Stikes Muhammadiyah Bojonegoro dan tokoh agama untuk menguatkan tentang speritualnya. Jika suatu saat terjadi hal yang sangat serius oleh pasien kami sudah bekerja sama dengan puskesmas setempat andai puskesmas tidak dapat menangani kami merujuk ke RS Aisyiah.

Disamping itu, program ini juga untuk menyongsong hari lansia Internasional tanggal 14 Desember 2017 dan hari lansia Nasional tanggal 29 Mei 2018.


Comment:


Add New Comment:


Nama: *

Email / HP:

Komentar: *

characters left


Enter code *