Indonesia | English | Arabic
Kamis, 27 Juni 2019
Anda di : Home >> Artikel >> Sebenarnya kenapa harus memilih Program Studi S1 Administrasi Rumah Sakit?

Artikel

Sebenarnya kenapa harus memilih Program Studi S1 Administrasi Rumah Sakit?
» Kamis, 22 Desember 2016| 08:30 | Dibaca: 936 kali

Sebenarnya kenapa harus memilih Program Studi S1 Administrasi Rumah Sakit?

 

Program Studi S1 Administrasi Rumah sakit merupakan program studi  baru yang ada di indonesia. Akan tetapi walaupun program studi ini terbilang baru, banyak rumah sakit, puskesmas dan fasilitas kesehatan lain yang sangat membutuhkan lulusan S1 Administrasi rumah sakit. Berdasarkan data dari Departemen Kesehatan Republik Indonesia tahun 2015 terdapat 2.421 rumah sakit diseluruh Indonesia yang menuntut tenaga profesional dalam pengelolaannya. Namun dalam kenyataan yang ada dilapangan khususnya di bagian administrasi perumahsakitan masih sangat kurangnya lulusan tenaga profesional S1 administrasi rumah, padahal kebutuhan di lapangan untuk lulusan S1 Adminitrasi Rumah Sakit sangat banyak. Selama ini, Sudah ada 5 institusi pendidikan di indonesia yang membuka program studi S1 Administrasi Rumah sakit, akan tetapi antara jumlah lulusan yang ada sampai saat ini dengan kebutuhan dilapangan masih sangat kurang.

Melihat tantangan dan prospek pekerjaan yang sangat luas untuk lulusan S1 administrasi Rumah Sakit, STIKES Muhammadiyah Bojonegoro membuka dan memfasilitasi untuk masyarakat indonesia yang ingin dan tertarik untuk menjadi seorang profesional S1 Administrasi Rumah Sakit.

Pengguna Lulusan yang telah menjalin kerja sama dengan STIKES Muhammadiyah Bojonegoro

            Stikes Muhammadiyah Bojonegoro telah menjalin kerja sama dengan beberapa instansi di wilayah jawa timur dan internasional, sehingga diharapkan nantinya mahasiswa lulusan S1 Administrasi Rumah Sakit STIKES Muhammadiyah Bojonegoro dapat langsung mendapatkan pekerjaan. Adapun instansi atau pengguna lulusan S1 administrasi Rumah Sakit yang telah menjalin kerja sama dengan STIKES Muhammadiyah Bojonegoro antara lain:

  1. Rumah Sakit Aisyiyah Bojonegoro
  2. Rumah Sakit Islam Muhammadiyah Sumberrejo Bojonegoro
  3. Rumah Sakit Muhammadiyah Kalitidu Bojonegoro
  4. Rumah Sakit Muhammadiyah/Aisyiyah sejawa timur
  5. Rumah Sakit Umum Bojonegoro
  6. Rumah Sakit Taipei Taiwan

Namun apabila lulusan S1 Administrasi Rumah Sakit ingin melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi STIKES Muhammadiyah Bojonegoro dapat memfasilitasinya dikarenakan STIKES Muhammadiyah Bojonegor telah menjalin kerja sama dengan beberapa universitas yang ada di dunia, antara lain:

  1. University of Queensland (Australia)
  2. Mahidol University (Taipei)

 

“ Jadi  tunggu apa lagi ayo bergabung di Prodi S1 Administrasi Rumah Sakit STIKES Muhammadiyah Bojonegoro”

Fasilitas Pembelajaran

            STIKES Muhammadiyah Bojonegoro atau lebih dikenalnya dengan nama “STIKES Maboro“ memiliki lingkungan yang kondusif untuk mendukung proses belajar mengajar dan memiliki lingkungan yang sejuk, dimana banyak pohon-pohon di lingkungan STIKES Muhammadiyah Bojonegoro. Proses belajar mengajar yang ada di STIKES Muhammadiyah Bojonegoro dilakukan secara profesional dan islami. Hal tersebut tampak mulai pada saat mahasiswa dan dosen akan melakukan kegiatan belajar mengajar, semua mahasiswa dan dosen dibiasakan untuk berdoa dan membaca ayat suci Alqur’an, hal tersebut juga dijadikan sebagai moto STIKES Muhammadiyah Bojonegoro yaitu “Profesional dan Islami”. Adapun fasilitas yang ada di STIKES Muhammadiyah Bojonegoro untuk menunjang proses belajar mengajar antara lain:

  1. Ruang kelas yang ber AC yang dilengkapi dengan sarana multimedia yang modern
  2. Ruang laboratorium profesi yang lengkap dan modern
  3. Perpustakaan yang lengkap
  4. Jaringan internet WIFI di dalam gedung maupun di area terbuka
  5. Tersedia Kantin yang bersih dan lengkap

Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran S1 Administrasi Rumah Sakit di STIKES Muhammdiyah Bojonegoro dirancang untuk membentuk mahasiswa agar menjadi seorang pemimpin atau manager yang inovatif, jujur, profesional dan islami, sehingga diharapkan nantinya lulusan S1 Administrasi Rumah Sakit STIKES Muhammadiyah Bojonegoro pada saat lulus sudah siap untuk menjadi seorang manager di rumah sakit atau fasilitas kesehatan tempatnya berkerja.

Adapun metode pembelajaran yang dilaksanakan di Program Studi S1 Administrasi Rumah Sakit antara lain:

  1. Tatap muka (Perkuliahan/kuliah pakar)
  2. Diskusi mahasiswa dan dosen
  3. Presentasi
  4. Tugas terstruktur
  5. Praktikum profesi S1 Administrasi Rumah Sakit
  6. Praktikum lapangan
  7. Belajar mandiri

Comment:


Add New Comment:


Nama: *

Email / HP:

Komentar: *

characters left


Enter code *