Indonesia | English | Arabic
Kamis, 27 Juni 2019
Anda di : Home >> Artikel >> Keistimewaan Puasa Senin Kamis

Artikel

Keistimewaan Puasa Senin Kamis
» Rabu, 30 Maret 2016| 18:48 | Dibaca: 788 kali

1. Dijamin masuk Surga.Allah SWT menyediakan surga untuk hamba-Nya yang beriman, bertakwa dan beramal sholeh. Di sanalah mereka akan abadi dengan kenikmatan yang Allah SWT sediakan. Karena itu, tidak ada tempat yang paling baik dan paling indah sebagai tempat kembali di akhirat kecuali surga. Surga yang penuh kenikmatan diciptakan oleh Allah SWT sebagai ganjaran atas jerih payah hambaNya yang bertakwa. 

2. Terhindar dari Siksa Api Neraka. Begitu istimewanya ibadah puasa di hadapan Allah SWT sehingga orang tersebut akan diberikan ganjaran surga di akhirat. Namun, Allah SWT belum cukup dengan memberikan surga kepada orang-orang yang berpuasa. Allah SWT juga akan menjauhkan api neraka dari orang yang berpuasa sejauh-jauhnya. 

3. Menjadi Penolong pada Hari Kiamat. 

4. Menanamkan Kedekatan Diri pada Allah SWT.

Puasa sunah Senin dan Kamis merupakan anjuran yang sangat ditekankan oleh Baginda Nabi Muhammad saw, selain puasa-puasa sunah lain tentunya seperti puasa ‘telur’ yaitu ketika bulan sedang purnama, tanggal 13, 14, dan 15 setiap bulan Lunar (Qamariyah) selama tiga hari, atau juga puasa 6 hari di bulan Syawal. Tentang puasa Senin dan Kamis Baginda Nabi mengatakan bahwa setiap amal perbuatan kita akan dianikkan ke langit pada setiap hari Senin, maka aku ingin amalku dinaikkan ketika berpuasa. Selain itu juga perintah puasa karena berdasarkan pengalaman umat-umat sebelum Islam yang juga memerintahkan untuk berbpuasa sebagai terapi. Puasa dapat dijadikan terapi kesehatan seperti detoksifikasi, puasa sebagai penyembuh (terutama di kalangan hewan ketika mengalami luka di badan, biasanya melakukan puasa selama beberapa hari, dan lain sebagainya). Tentu saja perintah Nabi Muhammad SAW banyak hikmah dibalik semua anjuran tersebut. Dan terbukti banyak terutama setelah berbagai penelitian dilakukan oleh kalangan ahlinya, dan juga dilakukan oleh kalangan non-Muslim. Terjadi pula penelitian yang dilakukan oleh National Health Service (NHS) menyatakan bahwa “pola ala diet baru itu (puasa selang-seling) yang mereka terapkan tidak hanya membantu kesehatan tapi juga menurunkan berat badan. Puasa selang-seling, dengan ketentuan orang yang melakukan diet tidak memakan beberapa jenis makanan pada hari tertentu, telah digembar-gemborkan oleh sebagian orang sebagai penemuan ilmiah yang menakjubkan.”

Keuntungan puasa menurut teorinya, yaitu dari pengalaman dan penelitian, tubuh kita memiliki hormon pertumbuhan yang dikenal sebagai IGF-1, yang membantu proses tumbuh-kembang ketika kita masih kecil. Namun, saat telah dewasa hormon tersebut menyebabkan penuaan, sementara jika pertumbuhannya melewati batas dapat menyebabkan kanker, diabetes serta penyakit lainnya. Berpuasa menurunkan tingkat IGF-1, yang dipercaya oleh sebagian ilmuwan memperlambat pertumbuhan sel-sel baru dan mendorong tubuh sobat untuk memperbaiki sel-sel yang telah ada. Puasa juga dapat mempercepat proses pembakaran lemak, sehingga sobat dapat menurunkan berat badan. Penelitian yang dilakukan oleh Baltimore National Institute on Aging menyatakan bahwa puasa sekali atau dua kali dalam sepekan dapat melindungi otak dari penyakit seperti Alzheimer dan Parkinson. Diet 5:2 Ada sebuah puasa yang saat ini tengah populer. Diet 5:2, yakni puasa dua hari dalam waktu berbeda sepekan. Pada saat berpuasa pria dapat mengonsumsi 600 kalori dan wanita hanya 500 kalori.


Comment:


Add New Comment:


Nama: *

Email / HP:

Komentar: *

characters left


Enter code *